Share

Blok Cepu Manfaatkan Air Bengawan Solo

Bojonegoro (Media Center) – Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta Wilayah Bengawan Solo menyatakan, pemanfaatan air Sungai Bengawan Solo terbesar untuk industri adalah kebutuhan proyek Lapangan Banyuurip, Blok Cepu di wilayah Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang dioperatori Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL). Yakni sebanyak 600 liter/detik untuk kebutuhan injeksi puncak produksi.

Kepala Divisi (Kadiv) Perum Jasa Tirta Wilayah Bengawan Solo, Winarno Susiladi, mengatakan, selain Blok Cepu, pemanfaatan air Bengawan Solo juga digunakan oleh industri tekstil PT Sritek sebanyak 105 liter per detik, industri pupuk PT Petrokimia Gresik sebanyak 500 liter per detik, dan perusahaan daerah air minum (PDAM) masing-masing 100 liter per detik.

“Yang terbesar ya di Blok Cepu itu,” tegas Winarno, Kamis (22/10).

Dia menyatakan, nantinya dalam pemanfaatan air sungai Bengawan Solo oleh EMCL, mewajibkan untuk melakukan pengambilan air di saat musim penghujan tiba. Sehingga, pada kemarau bisa menampung air di waduk yang kini telah di sediakan di dalam lokasi proyek.

Ia mengimbau, agar EMCL benar-benar memfungsikan tampungan tersebut agar tidak mengganggu ketersediaan air di Sungai Bengawan Solo saat musim kemarau. Karena cadangan di Bengawan Solo mulai kritis.

“Bahkan, untuk memantau itu kami menempatkan tim dari Jasa Tirta di Bojonegoro,” pungkas Winarno.(dwi/*mcb)

Leave a Comment