Share

Bojonegoro Akan Bangun 220 Perpustakaan Desa

Bojonegoro (Media Center) – Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur tengah menyiapkan pembangunan 220 perpustakaan tambahan yang akan tersebar di seluruh desa se-Kabupaten Bojonegoro. Hal ini dilakukan untuk mengintensifkan peranan perpustakaan di tingkat desa dengan tujuan mencerdaskan generasi Bojonegoro. Perpustakaan itu akan terintegral dengan Rumah Pintar yang dikelola oleh PKK.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bojonegoro Slamet Taufiq, mengatakan, perpustakaan tersebut nantinya akan tersebar di seluruh 430 desa dan kelurahan di Bojonegoro. Saat ini, hampir 250 desa sudah memiliki perpustakaan.

“Tahun ini akan kita tingkatkan jumlahnya menjadi 430 perpustakaan. Sehingga seluruh desa di Bojonegoro sudah memiliki perpustakaan,” tegas Slamet saat menghadiri pembukaan tenaga perpustakaan sekolah di Aula SMPN 2 Bojonegoro, Senin (7/9).

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara PT Tri Wahana Universal (TWU), pengelola kilang mini di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu, dengan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Bojonegoro.

Taufiq menambahkan, untuk mewujudkan pembentukan perpustakaan di setiap desa, pihkanya memberi kesempatan kepada masing-masing desa dan warga Bojonegoro yang konsen untuk mencerdaskan generasi Bojonegoro untuk mengajukan proposal.

“Karena kita akan membentuk kurang lebih 220 perpustakaan desa lagi nantinya untuk menyukseskan gerakan desa sehat dan cerdas,” tegasnya.(*mcb)

Leave a Comment