Share

Bojonegoro Akan Laksanakan Festival Bengawan Tiga Hari

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, berencana akan menggelar Festival Bengawan selama tiga hari untuk menghindari padatnya acara dan menghindari kepadatan pengunjung yang datang ke lokasi Bendung Gerak Bengawan Solo di daerah setempat.

“Pelaksanaan Festival Bengawan akan kita gelar tiga hari, sebab kalau hanya sehari terlalu singkat dan jadwalnya padat,” kata Bupati Bojonegoro Suyoto, usai membuka perahu hias Festival Bengawan di Bendung Gerak di Kecamatan Kalitidu, Minggu (20/9).

Karena padatnya kegiatan Festival Bengawan, lanjut dia, juga mengakibatkan pengunjung yang datang ke lokasi Bendung Gerak membeludak.

Panitia Festival Bengawan memperkirakan pengunjung yang datang ke lokasi Bendung Gerak, baik dengan memanfaatkan kendaraan roda dua juga roda empat, mencapai puluhan ribu.

Akibatnya, di sela-sela acara kegiatan Festival Bengawan, seperti pemberangkatan perahu hias, festival layang-layang, juga kegiatan lainnya, terjadi kemacetan di sepanjang jalur menunju lokasi.

Kemacetan di sepanjang jalur menuju lokasi berkisar 1-2 jam, sehingga puluhan petugas kepolisian resor (polres) harus mengamankan jalur di sejumlah lokasi.

“Bupati Bojonegoro Suyoto ikut terjun langsung mengurai kemacetan kendaraan roda dua dan empat,” jelas seorang warga Bojonegoro Toni Ade Irawan, menegaskan.

Menanggapi pelaksanaan perahu hias, Suyoto mengaku puas, karena ada 44 peserta perahu hias yang ikut ambil bagian dalam Festival Bengawan, meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 27 perahu.

Tidak kalah ramainya yaitu pelaksanaan Festival Belimbing di agro wisata kebun belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, juga dipadati pengunjung, juga gelar sastra Bengawan di taman Bengawan Solo (TBS) di Utara Pasar Kota.

Di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo mulai Bendung Gerak di Kecamatan Kalitidu, sampai di TBS, puluhan ribu warga menyaksikan perahu hias, juga lampion apung “damar kurung”. (sa/mcb)

Leave a Comment