Share

Bojonegoro Bakal Pasok 30% Kekurangan Stok Beras Nasional

Memiliki lahan pertanian terbesar ke-6 di Indonesia, membuat Kabupaten Bojonegoro mempunyai cadangan besar yang setara dengan jumlah impor beras nasional.

Hal itu ditegaskan oleh Kasubdit Pengendalian Lahan Direktorat Pengelolaan Lahan Pertanian Kementrian Pertanian, Gloria (2/12).

Sementara itu, hingga akhir tahun 2013 ini, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah menggelontorkan bantuan subsidi benih hibrida untuk para petani. Benih jenis ini memiliki potensi hasil panen 15%-20% lebih tinggi atau penambahan hasil panen sekitar 1 ton per hektarnya.

“Pemilihan benih unggul adalah salah satu cara untuk meningkatkan hasil panen,” kata Drs H Suyoto MSi, Bupati Bojonegoro dalam berbagai kesempatan. Bojonegoro sendiri, pada tahun 2013 telah melampaui target produksi berasnya dan mengalami surplus persedian beras sebesar 450 ton.

Produksi beras di Kabupaten Bojonegoro itu sendiri akan ditingkatkan targetnya, yakni hingga 1,7 juta ton per tahun. Hal ini berarti Kabupaten Bojonegoro akan dapat memasok kebutuhan kekurangan stok beras nasional sebesar 30%. (Mcb)

Leave a Comment