Share

Bojonegoro Canangkan Gerakan Bela Negara

Hari Bela Negara yang jatuh pada Jumat (19/12/2014) diperingati dengan upacara bendera di Kabupaten Bojonegoro. Uapacara yang diikuti oleh jajaran keluarga besar Kodim 0813, Aparat Keamanan, Dinas Perhubungan, Pelajar maupun unsur perguruan silat di Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Hari Bela Negara yang jatuh pada Jumat (19/12/2014) diperingati dengan upacara bendera di Kabupaten Bojonegoro. Uapacara yang diikuti oleh jajaran keluarga besar Kodim 0813, Aparat Keamanan, Dinas Perhubungan, Pelajar maupun unsur perguruan silat di Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono memimpin sebagai inspektur upacara yang digelar di Alun-alun Bojonegoro. Ia juga bertugas membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia dihadapan seluruh peserta upacara.

Sambutan presiden ini berisi tindakan dan sikap bela negara tak hanya bisa dilakukan oleh anggota TNI, namun juga seluruh warga Indonesia. “Upaya bela negara ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk oleh seluruh warga negara, salah satunya tidak membedakan asal usul, suku, status setiap warga negara. Selain itu wujud bela negara adalah bekerja dan mengabdi serta berkarya sesuai dengan bidang tugas masing-masing,” ujar Setyo Hartono saat membacakan teks sambutan Presiden RI.

Hal ini sebgaiamana diamanatkan dalam Undang_Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Dalam kesempatan ini pula, Saat membacakan sambutan presiden Djoko Widodo, inspektur upacara mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk menumbuhkan rasa kebangsaan, semangat dari unsur bela negara yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, ketiga adalah yakin akan nilai-nilai pancasila dan yang keempat rela berkorban untuk bangsa dan negara. Unsur-unsur itu dapat direfleksikan dalam kehidupan sehari hari salah satunya taat pada hukum dan negara serta mencintai produk-produk dalam negeri kita. Serta melestarikan budaya dan adat tanah air kita.

Diakhir membacakan sambutan presiden Republik Indonesia, Wabup secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Bela Negara dalam rangka peringatan Hari Bela Negara. Pada upacara ini juga dinyanyikan lagu mars bela negara untuk memperkuat rasa nasionalisme dan kebangsaan yang saat- saat ini sudah mulai mengalami degradasi.(humas/**mcb)

Leave a Comment