Share

Bojonegoro Fokus Tingkatkan IPM dan Pertumbuhan Ekonomi

Bojonegoro, Media Center – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro bakal fokus meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) dan pertumbuhan ekonomi. IPM Bojonegoro sekarang ini masih di bawah Jatim dan nasional.

IPM Bojonegoro tahun 2018 adalah 66, 73. Sedangkan IPM Jatim 70,27, dan IPM Nasional 70,81. Tinggi rendahnya IPM ini dipengaruhi beberapa komponen angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, dan daya beli.

Untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi, tahun 2019 ini, Bojonegoro menargetkan ada kenaikan 1,5 sampai 2%.

“Artinya dari kenaikan tersebut ada 100 sampai 150 terserap tenaga kerja dalam sektor riil,” kata Bupati Bojonegoro, Anna Muawnah saat membuka Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kabupaten tahun 2019 di Ruang Angling Dharma, Kamis (21/03/2018).

Kepala Badan Perencanaam dan Pembangunan Daerah Bojonegoro, Nyoman Sudana menjelaskan keluaran atau output yang diharapkan musrenbang ini adalah kesepakatan tentang rumusan program kegiatan perangkat daerah tahun 2020 yang menjadi masukan utama dalam rangka pemutakhiran RKPD dan Renja Perangkat Daerah yang meliputi dua hal. Yakni pertama Rumusan program dan kegiatan Prioritas Perangkat Daerah Tahun 2020, dan Rumusan rencana Kebijakan/Regulasi pada tingkat Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.(Dwi)

Leave a Comment