Share

Bojonegoro Juara III Lomba Swasembada Pangan

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memenangkan lomba peningkatan luas tambah tanam pada musim Oktober hingga Maret 2015-2016 yang diadakan Kementerian Pertanian.

“Atas kemenangan tersebut, kami mendapat penghargaan dari Kementrian Pertanian pada awal Juli ini di Jakarta,” ujar Kepala Bidang Produksi Disperta Bojonegoro, Zaenal, Senin (18/7).

Prestasi itu didapatkan setelah adanya penandatanganan kerjasama melalui MoU antara Kementerian Pertanian dan TNI beberapa waktu lalu untuk meningkatkan swasembada pangan.

“Karena keberhasilan swasembada pangan inilah, kita dianggap berhasil dalam menerapkan sistem tanam yang tepat,” imbyuhnya.

Dalam lomba ini, Disperta Bojonegoro dan Kodim 0813 berhasil meraih urutan ke-3 kelas A dari seluruh kabupaten di Indonesia dan menyisihkan Kabupaten Cianjur Jawa Barat, dan puluhan kabupaten lainnya.

“Selain piagam, Disperta juga mendapat hadiah alat mesin pertanian, diantaranya 78 traktor, 15 transplanter, dan lain-lain,” tandasnya.

Semua hadiah itu menjadi aset milik Pemkab yang kemudian dikelola Disperta yang bisa dipinjam oleh masyarakat petani Bojonegoro.

Artinya, masyarakat petani dapat mengajukan peminjaman alat dengan menyerahkan surat permohonan. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Semoga bisa meningkatkan pola tanam dan produksi pertanian masyarakat. Sehingga, capaian target untuk tahun-tahun berikutnya meningkat, minimal stabil,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment