Share

Bojonegoro Lolos Tahap Presentasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2016

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, akan melakukan presentasi dan wawancara Inovasi pelayanan Publik Tahun 2016 khususnya adalah dalam bidang penanganan sampah di tingkat nasional.

Kegiatan ini merupakan tahapan  setelah desk evaluasi kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2016 setelah Kabupaten Bojonegoro dinyatakan lolos masuk di tahapan presentasi dan wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 ditingkat nasional.

Hal ini sebagaimana surat yang dilayangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Nomor : Und/214/D.IV.PAN/02/2016 tanggal 25 Februari 2016.

Nantinya, Bupati Suyoto akan menyampaikan sampah menjadi masalah bagi seluruh daerah tak hanya kabupaten maupun propinsi. Dimana, sampah selama ini identik dengan beberapa hal antara lain biaya, lahan, penyakit dan konflik sosial.

“Pemerintah dalam mengatasi masalah sampah ini mengusung semangat, menyelesaikan masalah dan melahirkan berkah,” ujar Suyoto, Kamis (3/3).

Suyoto menuturkan, meningkatnya jumlah penduduk Bojonegoro yang mencapai 1,3 juta membuat volume sampah juga bertambah, sedangkan cakupan pelayanan sangat terbatas.

Dengan terbatasnya lahan TPA dan masalah kebersihan, membuat masalah menjadi masalah serius yang harus segera dicarikan jalan keluar.

“Selama ini sampah juga selalu menjadi sorotan dan komplain bagi warga sekitar, belum lagi sarang penyakit,”imbuhnya.

Melihat masalah inilah Pemkab melakukan langkah inovasi dan mencari solusi atas permasalahan lingkungan. Yakni dengan menyulap sampah menjadi barang yang memiliki nilai tak sekedar nilai ekonomi akan tetapi nilai pemanfaatan sebagai bahan alternatif. (dwi/mcb)

Leave a Comment