Share

Bojonegoro Manfaatkan DBH Migas Untuk Pendidikan dan SDM

Bojonegoro (Medi Center) – Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas Bumi (DBH Migas) yang diperoleh Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, di antaranya dimanfaatkan untuk sektor pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia.

Melalui DBH Migas pendidikan, Pemkab setiap tahunnya memanfaatkan dana tersebut untuk peningkatan infrastruktur sekolah terutama di wilayah ring 1 lapangan migas.

Dinas Pendidikan juga telah memberikan kompensasi kepada siswa dan siswi kelas II dan III tingkat SMA tiap bulannya, serta beasiswa melalui bidik misi bagi mahasiswa berprestasi.

“Tahun 2015 siswa SMA kelas II mendapat Rp250.000 dan kelas III mendapat Rp500.000. Tahun ini kita naikkan menjadi Rp2 juta tiap anak,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Hanafi, Senin (18/4)

Untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM), sepanjang tahun 2015, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sosial, telah memberikan pelatihan dan pendidikan migas melalui program 5000 generasi emas.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.110 yang mendapatkan sertifikasi di bidang migas seperti drilling, ringging, scaffolding, welding, dan operator crane.

“Dari total itu, sebanyak 940 orang telah bekerja di industri migas baik didalam Bojonegoro maupun luar Bojonegoro. Sisanya, masih ada 170 orang yang menungu panggilan,” imbuhnya.

Untuk meningkatkan kualitas perusahaan lokal dan keterlibatan masyarakat lokal dalam mendapatkan pekerjaan, Disnakertransos telah melaunching websitenya akhir bulan Januari. Sehingga, dengan adanya website tersebut baik pengusaha maupun pencari kerja bisa terlibat secara maksimal.

“Dengan website tersebut, pengusaha bisa mencari karyawan melalui spesifikasinya. Begitu juga pencari kerja,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment