Share

Bojonegoro Menuju Geoheritage

Bojonegoro (Media Center) – Bojonegoro ternyata menyimpan kekayaan dan potensi yang luar biasa, salah satunya adalah kekayaan sumber daya alam, budaya, benda kepurbakalaan, mulai jaman purbakala sampai dengan zaman modern yang menyebar di seluruh wilayah Bojonegoro. Potensi inilah yang mendorong pembangunan geoheritage dan geopark yang tengah dibahas oleh Pemkab Bojonegoro, Kamis (1/10).

Rapat bersama ini dihadiri oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta UPN Veteran Jogjakarta yang akan menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

“Potensi Bojonegoro sangat memadai untuk menjadigeoheritage dan geopark yang diakui nasional maupun internasional,” ujar Asisten III, Bidang Administrasi dan Umum, Yayan Rohman saat membuka rapat.

Sementara itu, Hanang Samudra dari Badan Geologi Bandung, menyampaikan bahwa wacana pembangunan geopark dan heritage ini layak untuk dilakukan. Bahkan, pada 1992, ia telah membuat peta geologi lembar Bojonegoro.

“Dalam pengembangannya, geoheritage dan geopark akan memiliki tiga fungsi yakni sebagai sarana konservasi, edukasi dan penumbuhan ekonomi lokal baik pariwisata maupun produk,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima, saat ini di Indonesia

Saat ini, di Indonesia ada beberapa daerah lainnya yang merintis menjadi geopark. Selain Bojonegoro yang menuju status geoheritage, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kini tengah menuju sebagai geopark global.(*mcb)

Leave a Comment