Share

Bojonegoro Pemasok Hewan Ternak Terbesar

dibanding sebelumnya, jumlah sapi sebanyak 145.578 ekor, meningkat menjadi 160.037 ekor

Bojonegoro (Media Centre) – Sejak bebreapa tahun terakhir, pihak Disnakkan menyatakan bahwa stok hewan ternak di Bojonegoro, khususnya sapi, menjadi pasokan kebutuhan daging nasional. “Bojonegoro sudah menjadi pemasok kebutuhan hewan ternak terbesar di Jawa Timur,” ujar Soemarsono, Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Jumat (07/02/2014) saat ditemui di kantornya.

Stok hewan ternak di Kabupaten Bojonegoro hingga awal Tahun 2014 ini menunjukkan trend peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Peternakkan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro, dibanding sebelumnya, jumlah sapi sebanyak 145.578 ekor, meningkat menjadi 160.037 ekor.

“Jumlah ternak saat ini tidak banyak berubah dibanding data ternak tahun 2013 lalu, karena saat ini memang tidak banyak ternak yang keluar, ” katanya

Penuruanan jumlah ternak keluar dari Bojonegoro, menurut Soemarsono lebih disebabkan kejadian bencana alam yang menimpa beberapa daerah di Indonesia. “Minimnya ternak yang keluar dari Bojonegoro ini juga mempengaruhi stok hewan ternak di Bojonegoro,” tambahnya.

Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, menyebabkan stok hewan ternak di Bojonegoro makin stabil. Menyusul selama ini, hewan ternak di Bojonegoro juga diminati pembeli dari luar provinsi Jawa Timur. (liamcb)

 

Leave a Comment