Share

Bojonegoro Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia

Bojonegoro (Media Center) – Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dipusatkan di Gelanggang Olahrga (GOR) di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander. Dalam acara ini, Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono membuka acara yang mengusung tema “Ayo Kerja, Tanam dan Pelihara Pohon Untuk Hidup yang Lebih Baik”, Selasa (1/12).

Kegiatan ini ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Wabup bersama forum pimpinan daerah (Forpimda), masyarakat, siswa sekolah dasar, SMP, SMA, dan STIKES Rajekwesi di area GOR dan sepanjang jalan.

Wabup mengingatkan akan pentingnya memperbanyak resapan air untuk mengatasi bencana akibat musim penghujan dan kemarau. Salah satu caranya, kata dia, adalah dengan memperbanyak menanam pohon.

“Semakin banyak pohon akan dapat menyimpan air. Sehingga saat hujan air tidak langsung meluber kemana-kemana, dan saat musim kemarau tidak terjadi kekeringan,” kata Setyo Hartono.

Ia berharap, program tanam pohon ini tak hanya sekedar seremonial belaka. Namun juga setelah ditanam, harus dilakukan perawatan dan pemeliharaan sehingga pohon tak mati.

“Semua program yang dilaksanakan harus tepat sasaran, tepat guna dan memberi manafaat,” pesan Setyo Hartono.

Peringatan Hari Menanam Indonesia di Bojonegoro ini dilakukan secara serentakdi beberapa wilayah di Bojonegoro. Diantaranya di sekitar jembatan Padangan – Kasiman yang melintas di atas Sungai Bengawan Solo, dan Sirkuit Grass Track Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk. Hari Menanam Pohon Indonesia ini dilakukan penanaman puluhan ribu pohon beraneka jenis. (mcb)

Leave a Comment