Share

Bojonegoro Perkuat Ketahanan Pangan Melalui Sektor Peternakan

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah Bersama Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Catur Rahayu melakukan kunjungan ke peternakan Desa Trembes, Kecamatan Malo, Kamis(25/6/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Trembes, Camat Malo, Forkopimcam Malo, Peserta Pembinaan Kelompok Ternak dan Perikanan Kecamatan Trucuk, Malo, dan Kasiman.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro Catur Rahayu menyampaikan ada beberapa langkah yang akan dilakukan untuk penguatan kelembagaan peternak dan perikanan di Kabupaten Bojonegoro. Di antaranya adalah melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada kelompok, memfasilitasi permodalan dengan lembaga keuangan, memfasilitasi kelompok untuk mendapatkan program.

“Kita juga akan memberikan akses pelayanan dibidang kesehatan hewan,” tegasnya.

Kunjungan ini sekaligus memberikan pembinaan kepada kelompok ternak cluster III. Yakni wilayah Trucuk terdapat 6 Kelompok Tani Ternak, 5 Kelompok Perikanan; Kecamatan Malo 20 Kelompok Tani Ternak, 3 Kelompok Perikanan; dan Kecamatan Kasiman 18 Kelompok Tani Ternak 2 Kelompok Perikanan.

Bupati Anna Mu’awanah menambahkan, sektor peternakan Bojonegork tahun ini memperoleh urutan ternak No 8 se Jawa Timur. Salah satunya adalah pilar ketahanan ekonomi yang berbasis rumahan, komunal, kampung, desa, pertanian, peternakan, dan perikanan.

Oleh karena itu, Bu Anna, panggilan akrab Bupati Bojonegoro, meminta kepada Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan untuk membentuk kelompok ternak, dan budidaya ikan di setiap desa yang bukan hanya nama melainkan kelompok yang dapat bertanggung jawab untuk menguatkan ketahanan pangan di Bojonegoro.

“Jika ketahanan pangannya kuat maka kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” tegasnya.(Dwi)

Leave a Comment