Share

Bojonegoro raih penghargaan dalam program menuju 100 smart city

Bojonegoro, 16/11 (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro kembali menyabet penghargaan di ajang nasional. Kali ini adalah penghargaan dalam program menuju 100 smart city yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sejak Mei 2017 lalu. Pernghargaan ini diserahkan di Hotel Santika Jakarta, Rabu (15/11/2017) yang diterima oleh Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur.

Selain Kabupaten Bojonegoro, Program Menuju 100 Smart City Indonesia ini melibatkan 24 kabupaten/kota lain seperti Bandung, Sukabumi, Sleman, Banyuwangi, Sidoarjo, Siak dan Mimika.
Program ini melibatkan 25 daerah terpilih di Indonesia berdasarkan asesmen kesiapan daerah menuju smart city seperti infrastruktur, SDM, regulasi dan inovasi yang menjadikan pelayanan masyarakat lebih cepat dan tepat.

Program ini diawali dengan penandatanganan komitmen antara bupati dengan Kemkominfo, yang mengikat daerah dengan berbagai hal. Yakni, membuat kelembagaan smart city, melaksanakan bimtek sosialisasi pengembangan smart city, menyusun inovasi pengembangan smart city

Menurut Kang Yoto, Bupati Bojonegoro dalam sambutannya pada acara tersebut, Smart City adalah output dari smart government, dan smart government adalah hasil dari smart people.

“Disebut smart apabila, mampu dengan cepat mengetahui masalah rakyat, dengan cepat memberi solusi, dan terus belajar bersama untuk melaksanakan solusi tersebut secara berkelanjutan,” terangnya.

Sementara itu, Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan bahwa Smart city tidak identik dengan teknologi atau IT saja, namun bagaimana daerah memberikan pelayanan secara lebih cepat dan lebih baik kepada masyarakat.

“Terhadap hasil dari capaian tersebut, daerah terpilih diwajibkan untuk melakukan langkah keberlanjutan terutama menyusun RPJMD dengan berbasis smart city,” tutupnya.(*mcb)

Leave a Comment