Share

Bojonegoro Segera Bentuk Karang Werda di Setiap Desa

Bojonegoro, Media Center – Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto mengharapkan di setiap desa/kelurahan terbentuk kelembagaan Karang Werda sebagai bentuk apresiasi terhadap lanjut usia yang telah berjasa bagi negara ini.

Wawan, sapaan akrab Wakil Bupati, menegaskan untuk mendukung keberadaan Karang Werda di setiap desa/kelurahan harus diupayakan pembiayaannya yakni melalui APBDes di masing-masing desa.

“Untuk itu kami harapkan pembiayaan bisa melalui Perubahan APBDes tahun ini atau di APBDes Tahun 2020,” pesan pria yang juga Ketua Komisi Daerah Lanut Usia Kabupaten Bojonegoro saat
membuka Rapat Koordinasi Pembentukan Karang Werda, Jumat (15/03/2019) di Ruang Creative room lantai 6 Gedung Pemkab.

Kepala Dinas Sosial Bojonegoro, Helmy Elizabeth menambahkan, pembentukan Karang Werda ini merupakan wadah berkumpulnya lanjut usia. Tujuannya agar mereka tetap mandiri, berguna dan berkualitas sehingga berdaya.

Dijekaskan, pembentukan Karang Werda merupakan amanat undang-undang. Selain itu juga keprihatinan dan perhatian Pemekab Bojonegoro terhadap tingginya kasus bunuh diri pada usia lanjut di Kabupaten Bojonegoro.

“Tahun 2018 telah terjadi 18 kasus bunuh diri, dan 14 kasus itu adalah lanjut usia,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap adanya sinergitas dan koordinasi dengan organisasi perangkat Daerah (OPD) terkait dan stakeholder lainnya agar keberadaan Karang Wreda ini dapat terbentuk dan menjadi kelembagaan  yang mempunyai fungsi di tengah-tengah masyarakat.

Hadir pula dalam acara itu Assiten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, OPD terkait, Camat Se-Kabupaten Bojonegoro dan yayasan Grontologi Adiyoso sebagai yayasan lanjut Usia.(Dwi)

Leave a Comment