Share

Bojonegoro Siap Tambah Pasokan Beras Ke Papua

Bojonegoro (Media Center) – Bulog Subdivre III Bojonegoro, Jawa Timur, siap memasok tambahan beras ke Provinsi Papua, sebagai usaha membantu krisis pangan di daerah setempat, yang disebabkan hujan es, juga kemarau yang terjadi akhir-akhir ini.

“Kemungkinan kami akan mengirimkan lagi pasokan beras ke Papua kalau memang dibutuhkan,” kata Kepala Bulog Subdivre III Bojonegoro Awaludin Efdal Sulaiman, di Bojonegoro, Jumat.

Sebelum ini, lanjut dia, bulog sudah memasok beras ke berbagai daerah di Papua, secara bertahap sebanyak 8.000 ton.

“Pasokan beras ke Papua kami lakukan sejak pertengahan Juli, sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri,” katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan pasokan beras tersebut atas permintaan dari Bulog Pusat di Jakarta, untuk menambah stok pangan di sejumlah daerah di Papua, yang mengalami krisis pangan.

Ia merinci, daerah Provinsi Papua yang memperoleh pasokan beras yaitu Kabupaten Timika 1.000 ton, Biak 3.000 ton dan Nabire 1.000 ton. Selain, itu Manokwari 1.000 ton, Serui 1.000 ton, Fakfak 1.000 ton.

Ia juga menyebutkan dalam kurun waktu Januari-Juni 2015, Bulog Bojonegoro juga telah mengirim beras ke luar Jawa, antara lain ke Provinsi Kalimantan Tengah, Riau, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, juga provinsi lainnya,  dengan jumlah total 27.000 ton.

Yang jelas, menurut dia, stok beras di Bulog Subdivre III, mencukupi untuk kebutuhan pangan di wilayah kerjanya Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan, dalam beberapa bulan ke depan.

“Stok beras yang kami miliki bisa mencukupi pangan paling tidak enam bulan ke depan,” tandasnya.(sa/*mcb)

Leave a Comment