Share

Bojonegoro Siap Terima Adipura

Bojonegoro (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro bersiap menerima penghargaan Adipura. Hal ini sesuai surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk Bupati Bojonegoro dengan agenda Penyerahan Anugerah Adipura.

Rencananya, penganugerahan Adipura ini akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta pada 23 November mendatang. Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan memberikan penyerahan penghargaan tersebut.

Dari berbagai pemberitaan media massa nasional, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Tuti Hendrawati Mintarsih mengatakan pelaksanaan program Piala Adipura periode 2014-2015 dilakukan di 357 kota dan ibukota kabupaten.

Dia menyebut beberapa kriteria yang menjadi penentu dalam penghargaan ini adalah terkait tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah.

“Minimal bisa menerapkan sistem controlled landfill (lahan urug terkontrol). Ini menjadi fokus utama penilaian,” ujar Tuti dalam presentasenya di lobbi Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan Setelah melakukan pemantauan terhadap 357 kota dan ibukota kabupaten maka penilaian, serta verifikasi lapangan dan pengkajian dinyatakan peraih Piala Adipura terdapat dibagi empat kategori.

Keempat kategori itu adalah kota peraih anugerah Adipura Kencana yaitu penganugerahan yang diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungan beyond compliance sebanyak 3 kota. Lalu, kota peraih Anugerah Adipura yang diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungannya memenuhi kriteria anugerah Adipura.

“Untuk anugerah Adipura ini ada 65 kota yaitu 5 kota metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 25 kota sedang, dan 32 kota kategori kota kecil,” tuturnya.(*)

Leave a Comment