Share

Bojonegoro Tanda Tangani Komitmen Bersama dengan KPK

Bojonegoro, Media Center – Organisasi perangkat daerah (OPD) dan Camat di Kabupaten Bojonegoro mendapat pembekalan Good and Clean Governance oleh Komis Pemberantasan Korupsi (KPK) dan penandatanganan komitmen bersama program pemberantasan korupsi di Gedung Angling Dharma Pemkab setempat, Selasa (19/3/2019).

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menjelaskan pembekalan dan penandatangan komitmen bersama ini dilakukan karena Indonesia termasuk dalam fase korupsi terbesar di dunia. Pemerintah daerah beserta jajaran dihimbau untuk melakukan transparansi dana dan data kepada masyarakat, serta tidak menyalahgunakan hak-hak rakyat,

“Sebagai jajaran pemerintah, kita harus transparan dalam penggunaan dana entah APBD atau yang lain,” pesan Bu Anna, panggilan akrab Bupati Bojonegoro.

Bojonegoro, lanjut Bu Anna, menempati peringkat 27 nasional dalam progres perencanaan dan penganggaran APBD. Ia berharap dengan adanya pembekalan dan penandatanganan komitmen bersama KPK ini transparansi anggaran di Bojonegoro dapat menjadi lebih baik.

“Sehingga tidak ada lagi pejabat pemkab yang tersangkut kasus tipikor,” ucapnya.

Perwakilan Koordinator KPK, Muhammad Indra Furqon menyampaikan tindak pidana korupsi (Tipikor) yang terjadi paling besar adalah penyuapan sebesar 64%, diikuti penyalahgunaan anggaran, gratifikasi,dan intervensi. Lembaga antirasuah itu menyebut banyak sekali celah di OPD yang berpeluang terjadinya Tipikor.

“Oleh karena itu pembekalan seperti ini penting dilakukan sejak dini agar dapat dimengerti oleh seluruh jajaran, dan terhindar dari tipikor,” tegas Muhammad Indra Furqon.

Pria yang menjabat sebagai Kepala satgas OTT KPK ini mengapresiasi transparanasi anggaran menggunakan aplikasi yang dilakukan Bojonegoro .

“Ini merupakan langkah yang tepat, karena dapat mengurangi adanya kecurangan input data anggaran,” tegasnya.

Pada acara ini dilaksanakan pengucapan komitmen oleh bupati Bojonegoro dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Wakil Bupati Budi Irawanto dan Asisten Pemkab juga hadir dalam acara tersebut.(Alfan/Dwi)

Leave a Comment