Share

Bojonegoro Tertibkan APK Pemilu 2014

Penertiban APK, dilakukan sekitar 20 petugas Satpol PP dengan didampingi jajaran panwaslu


Bojonegoro (Media Center) – Satpol PP Pemkab dan Panwaslu Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Senin, menertibkan alat peraga kampanye (APK) pemilu 2014 yang pemasangannya melanggar ketentuan baik Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro dan Peraturan KPU.

“Jumlah APK yang sudah diturunkan ratusan, berupa banner, spanduk, baliho gambar calon legislatif (caleg), bendara, juga APK lainnya,” kata Divisi Penindakkan dan Penangganan Pelanggaran Pemilu Panwaslu Bojonegoro Dian Widodo, Senin.

Hal senada disampaikan Kepala Satpol PP Pemkab Bojonegoro Kusbiyanto, yang menegaskan penertiban APK pemilu 2014 akan terus dilakukan tidak hanya yang ada di tepi jalan besar, tapi juga yang masuk ke gang.

“Penertiban APK yang terpasang di gang kampung akan dilakukan petugas satpol pp dengan didampingi petugas panwaslu kecamatan,” katanya, menegaskan.

Penertiban APK, dilakukan sekitar 20 petugas Satpol PP dengan didampingi jajaran panwaslu. Petugas menurunkan APK yang tepasang di sejumlah jalan protokol, di antaranya, Jalan Gajahmada, Veteran, M.H. Thamrin dan jalan lainnya.

Lebih lanjut Dian menjelaskan APK yang diturunkan disebabkan melanggar Perbup Bojonegoro No.24 tahun 2012 tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Peraturan KPU No.15 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu 2014.

“APK yang diturunkan lokasinya ada yang di tiang pohon, listrik, menggangu padangan pemakai jalan. Kebanyakan APK yang diturunkan karena terpasang di tiang pohon dan di luar zona lokasi pemasangan APK yang sudah ditentukan,” paparnya.

Menjawab pertanyaan, Dian mengungkapkan Satpol PP dan jajaran panwaslu kecamatan juga sudah melakukan penertiban APK di kecamatan, seperti di Kecamatan Dander, juga kecamatan lainnya.

“Jumlah APK yang diturunkan di sejumlah kecamatan mencapai ribuan,” ujarnya.┬áIa menambahkan APK yang diturunkan tersebut akan disimpan di Kantor Satpol PP, tapi tetap bisa diambil pemiliknya. (samcb)

Leave a Comment