Share

Bojonegro Siapkan Rp6,4 Miliar Untuk Jaringan Irigasi

Bojonegoro, 29/5 (Media Center) – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air, Kabupaten Bojonegoro, menyampaikan, untuk pembangunan jaringan irigasi tersier yang akan dikerjakan dengan sistem swakelola oleh kelompok tani (poktan) dikerjakan dengan menggunakan anggaran dari APBN tahun 2016 sebesar Rp 6,4 miliar.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Ikhwal Subagio, mengungkapkan sebanyak 71 poktan yang tersebar di 63 desa di Kabupaten Bojonegoro yang mendapatkan bantuan keuangan bersumber dari dana APBN tersebut.

“Untuk pembangunan jaringan irigasi tersier tersebut perencanaan dan pekerjaannya dikerjakan oleh poktan dengan mengunakan teknik vero dari semen,” terang Ikwal, Senin (29/5).

Masing-masing poktan nantinya mendapatkan bantuan keuangan untuk pembangunan jaringan irigasi tersier mulai Rp80 juta sampai Rp90 juta dengan panjang pekerjaan 150 meter sampai 200 meter.

Ikwal menambahkan pembangunan jaringan irigasi tersebut bisa meningkatkan luasan tanam dan meningkatkan indek pertanaman yang dulunya dua kali tanam setelah adanya pembangunan jaringan irigasi tersier bisa hingga tiga kali tanam.

“Pembangunan masih terus berjalan, diharapkan segera tuntas agar segera dimanfaatkan,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment