Share

BPBD Bojonegoro Bantu Perbaikan Tanggul Rp60 Juta

Bojonegoro (Media Center) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Jawa Timur, menyerahkan bantuan Rp60 juta untuk memperbaiki tanggul jebol sepanjang 300 meter setinggi 2 meter, disebabkan banjir bandang, di Desa Senganten, Kecamatan Gondang, 16 Desember.
“Bantuan untuk perbaikan tanggul kami serahkan sehari lalu kepada Camat Gondang,” kata Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Bojnegoro Yudi Hendro Kartono, Rabu (30/12).
Ia menjelaskan perbaikan tanggul akan dilakukan jajaran Kecamatan Gondang, dengan dibantu jajaran Desa Senganten, dan masyarakat.
“Kami tidak ikut memperbaiki. Hanya memberikan bantuan uang,” jelas dia.
Ia juga mengatakan bersamaan dengan itu, juga diserahkan bantuan uang kepada dua warga di Desa Senganten, Kecamatan Gondang, masing-masing Rp2,5 juta, yang rumahnya terancam longsor, juga disebabkan banjir bandang.
“Bantuan uang itu untuk pemindahan dua rumah warga di Desa Senganten atas nama Lamidi (62) dan Samidi (42). Dua rumah yang dipindahkan itu akan menempati tanah mereka sendiri,” ucapnya, menegaskan.
Ia menambahkan Pemberian santuan uang itu, katanya, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) No. 37 tahun 2012 tentang Besaran Santunan Korban Bencana Alam.
“Besarnya bantuan kepada warga yang mengalami bencana bergantung tingkat kerusakannya,” ucapnya.
Terkait enam rumah di Desa Sranak, Kecamatan Trucuk, menurut dia, tidak bisa pemindahannya tidak bisa memperoleh santunan uang. Sebab, kedua rumah warga di desa setempat menempati tanah bantaran yang dalam penguasaan Balai Besar Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah.
“Kami kalau memberikan bantuan uang kepada enam warga di Desa Sranak, bisa salah,” tandasnya. (*/mcb)

Leave a Comment