Share

BPBD Bojonegoro Kirim Makanan Siap Saji Untuk Korban Banjir

Bojonegoro, 8/3 (Media Center) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Jawa Timur, mengirimkan makanan siap saji kepada korban banjir bandang di Desa Sugihan, Kecamatan Temayang, Selasa (7/3).

“BPBD mengirim paket makanan siap saji guna memenuhi kebutuhan makan warga terdampak yang malam ini masih melaksanakan pembersihan rumah pasca tergenang,” kata Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, Selasa malam.

Dari hasil perkembangan pendataan menyebutkan sebanyak 180 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir bandang disebabkan meluapnya Kali Sugihan, Selasa berkisar pukul 18.30- 19.30 WIB.

Ia membenarkan nanjir sempat mengganggu arus lalin jalur Bojonegoro – Nganjuk selama 30 menit.

“Tapi kondisi jalan raya sudah normal karena banjir sudah surut,” tambahnya.

Yang jelas, menurut dia, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, selama ini menjadi langganan banjir bandang setiap terjadi hujan deras di wilayah selatannya.

Pemkab, lanjut dia, sudah memprogramkan pembuatan sodetan di desa setempat sepanjang 798 meter selebar 50 meter dengan mengalokasikan anggaran Rp1,2 miliar di dalam APBD 2017.

“Pengerukan untuk membuat sodetan dilaksanakan secara swakelola dengan memanfaatkan peralatan berat milik dinas pengairan,” jelas dia.

Selain itu, lanjut dia, dinas pengairan juga mulai membuat desain rinci sodetan sepanjang 798 meter dengan lebar 50 meter dan pembuatan UKL/UPL.

Dari hasil survei yang sudah pernah dilakukan, lanjut dia, kedalaman sodetan sepanjang 798 meter terdalam mencapai 18 meter.

Meski lebar sodetan 50 meter, kata dia, pembuatannya dilakukan dengan sistem trap dengan bagian terbawah selebar 10 meter. (*/mcb)

Teks foto: Jalanan di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temaayang, Bojonegoro, setelah banjir bandang. (Mochlasin)

Leave a Comment