Share

BPBD Bojonegoro Minta Desa Teruskan Pengamanan Tebing

Bojonegoro, 22/10 (Media Center) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, meminta pihak Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, meneruskan pengamanan tebing Kali Kening yang longsor sekitar 200 meter.

“Kelanjutan pengamanan tebing Kali Kening kami minta diteruskan pihak desa,” kata Kasi Logistik dan Prasarna BPBD Bojonegoro MZ. Budi Mulyono, Sabtu (22/10).

Ia mengakui pengamanan tebing Kali Kening yang longsor sepanjang 200 meter lebih dengan lebar 8 meter dengan melibatkan personel Kodim 0813, kepolisian resor (polres) juga berbagai elemen masyarakat lainnya, termasuk warga belum maksimal.

Dalam kegiatan pengamana tebing dengan memasang bronjong yang diisi batu dengan pengawasan petugas teknis dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solao di Solo, Jawa Tengah itu, melibatkan lebih dari 300 personel selama tiga hari.

Yang jelas, menurut dia, pengamanan tebing Kali Kening dengan memasang bronjong di sejumlah lokasi yang longsor cukup mampu menahan tingkat longsor tidak berkembang.

“Kami siap melanjutkan pengamanan tebing Kali Kening, dengan mengalokasikan dalam anggaran APBDes 2017,” kata Kepala Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Mokhammad Gupianto menambahkan.

Pihak desa, katanya, sudah menawarkan kepada warga di sekitar tebing Kali Kening yang longsor untuk pindah dari lokasi setempat ke lokasi baru yang jauh dari Kali Kening di tanah kas desa (TKD).

TKD yang ditawarkan untuk ditempati rumah warga itu, lanjut dia, luasnya sekitar 1 hektare. Warga hanya berhak menempati, tapi tidak berhak memiliki karena tanah itu masuk TKD Banjarsari.

“Ada 11 kepala keluarga (KK) yang bersedia pindah, tapi sampai sekarang yang baru pindah di TKD satu KK,” jelas dia.

Menurut dia, warga yang belum pindah karena tidak memiliki biaya, sehingga pihak desa mengusulkan kepada BPBD agar bisa memperoleh bantuan pindah.

“Informasinya bisa memperoleh bantuan Rp5 juta per KK untuk biaya pindah,” ucapnya menambahkan. (*/mcb)

Leave a Comment