Share

BPBD: Bojonegoro Mulai Masuki Musim Hujan

Bojonegoro (Media Center) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan Bojonegoro mulai memasuki musim hujan dengan perkiraan mulai dasarian I-III November.

“Kalau dilihat faktanya musim hujan sudah mulai terjadi di Bojonegoro. Hanya saja, hujan belum merata. Baru terjadi di sejumlah lokasi, seperti di sejumlah desa di Kecamatan Ngasem,” kata Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, di Bojonegoro, Selasa (3/11).

Awal musim hujan di daerahnya itu, lanjut dia, juga sesuai dengan perkiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Karangploso, Malang. Di dalam laporan itu disebutkan awal musim hujan di daerahnya akan terjadi pada dasarian I sampai III November.

“Saya kira awal November mulai awal musim hujan, yang kemudian terjadi secara merata pada pertengahan November,” katanya.

Menghadapi awal musim hujan itu, katanya, BPBD telah mengirimkan surat kepada seluruh camat (28 camat), agar meningkatkan kewaspadaan, sebab awal musim hujan biasanya disertai dengan angin kencang.

Surat yang berisi kewaspadaan menghadapi datangnya awal hujan itu, disampaikan kepada camat, pekan lalu.

“Kami minta camat mengambil langkah-langkah awal kalau di wilayahnya terjadi hujan disertai angin kencang, yang menimbulkan kerusakan pemukiman warga juga lainnya,” jelas dia.(sa/*mcb)

Leave a Comment