Share

BPBD Bojonegoro Uji Fungsi Mobil Pemadam Kamis

Bojonegoro (Media Center) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akan melakukan uji fungsi mobil pemadam kebakaran seharga Rp29 miliar, di halaman pemkab, Kamis (17/3).

“Uji coba mobil pemadam kebakaran untuk mengetahui sejauh mana fungsi peralatan yang ada di mobil pemadam kebakaran yang baru dibeli,” kata Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, Selasa (15/3).

Ia menjelaskan mobil pemadam kebakaran yang baru dibeli melalui E katalog itu, jenisnya “Turn Table Ladder” 60 meter merek Iveco Magirus buatan Jerman. Mobil pemadam kebakaran memiliki dua jenis semprotan air yaitu spray dan langsung, dengan kemampuan 6.000 liter selama tiga menit.

Hanya saja, mobil pemadam kebakaran itu, tidak dilengkapi dengan tangki air, sehingga harus memperoleh pasokan air dari mobil tangki air.

“Mobil ini datang sehari lalu, lengkap dengan instruktur asal Jerman Carl, yang akan memberikan pelatihan kepada personel pemadam kebakaran kami selama lima hari,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, sebanyak 10 personel pemadam kebakaran BPBD akan memperoleh pelatihan mulai mengoperasikan kendaraan, pompa air, tangga, juga peralatan yang lainnya, selama lima hari.

Pemkab, lanjut dia, tahun lalu juga sudah mengalokasikan anggaran di dalam APBD 2015 untuk membeli mobil “Turn Table Ladder”, tapi batal, karena di dalam e katalog sudah kedahuluan dibeli DKI Jakarta.

Ia menambahkan mobil pemadam kebakaran itu, dibeli dari PT Garuda Sejahtera Surabaya, anak cabang dari PT Immanuel Agate Jakarta, melalui elektronik katalog.

“Pemanfaatan mobil itu, untuk memadamkan kebakaran gedung bertingkat, juga lokasi padat pemukiman seperti pasar, yang lokasinya tidak bisa terjangkau kendaran mobil pemadam kebakaran, sehingga bisa dari atas,” tuturnya. (*/mcb)

Leave a Comment