Share

BPBD Bojonegoro Waspadai Bencana di Musim hujan

Bojonegoro, 24/9 (Media Center) – Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mulai melakukan langkah antisipasi untuk menghadapi bencana yang biasa melanda wilayah Kabupaten Bojonegoro di musim hujan. Bencana-bencana ini antara lain angin kencang, tanah longsor, petir hingga banjir bandang.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Sukirno menjelaskan, pihaknya mengantisipasi sejak dini dengan menyiapkan personel, menyiapkan peralatan serta logistik dan memberikan imbauan hingga ke desa-desa.

“Intinya, kita akan meminimalisir potensi bencana awal musim hujan ini,” jelas Sukirno, Jumat (24/9).

Untuk pihak desa, lanjut dia, telah diimbau agar seluruh kepala desa mewaspadai potensi dan terjadinya bencana di daerah masing-masing. “Jika sewaktu-waktu terjadi bencana di daerahnya, pihak desa bisa segera melaporkan serta mengambil langkah penanganan darurat dan menunggu bantuan dari BPBD pembantu maupun dari kabupaten,” terangnya.

Sesuai laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Malang, katanya, sejumlah kecamatan yang sudah masuk musim hujan yaitu Kecamatan Kota, Bubulan, Dander, dan Gondang. Selain itu Kecamatan Kalitidu, Kapas, Kedewan, Kasiman, Kedungadem, Malo, Margomulyo, Ngambon, Ngasem, Ngraho, Padangan, Purwosari, Sugiwaras, Tambakrejo, Temayang, Kalitidu dan Trucuk.

“Kami telah mewaspadahi ancaman bencana tersebut karena di Bojonegoro awal musim hujan akan terjadi pada dasarian I sampai III Oktober,” pungkasnya.(mcb)

Leave a Comment