Share

BPBD : Kerugian Banjir Bandang Gondang Rp18 juta

Bojonegoro, Media Center – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Jawa Timur, telah melakukan pendataan korban banjir banding di Desa Gondang, Sambongrejo dan Senganten, Kecamatan Gondang, Minggu (3/3/2019).

Jumlah rumah tergenang di Desa Gondang sebanyak 167 kepala keluarga (KK), di Senganten 2 KK dan 1 rumah milik Suwito rusak sedang akibat tanah longsor.

Pelaksana tugas (Ptl) Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfa, menjelaskan banjir bandang juga mengakibatkan tembok penahan tanah (TPT) longsor sepanjang 20 meter dengan tinggi 2 meter.

“Kerugian ditaksir mencapai 10 juta untuk TPT dan rumah Rp 18 juta,” tuturnya.

Bencana banjir bandang dan tanah longsor ini diakibatkan meluapnya sungai pacal dan menggenangi rumah warga setinggi -+ 50 cm di Desa Gondang. Air mulai masuk rumah warga pukul 15.30, dan mulai surut pukul 18.00.

Sekitar pukul 16.30 terjadi tanah longsor pada TPT yang baru dibangun seminggu, kemudian jebol menimpa rumah Suwito, longsoran mengakibatkan rumah Suwito rusak sedang.

Pagi tadi BPBD bersama Muspika dan warga melakukan kerja bakti sisa lumpur. BPBD juga telah mendropping bantuan korban bencana. (RIN/DWI)

Leave a Comment