Share

BPBD Waspadai Puting Beliung di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap bencana puting beliung. Terlebih, wilayah selatan Bojonegoro yang rata-rata merupakan wilayah hutan dan pegunungan.

“Angin puting beliung ini sebagai tanda pergantian musim. dari musim kemarau ke musim penghujan,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Sukirno.

Dia menyampaikan, sebelum angin puting beliung datang, biasanya didahului dengan hujan lebat yang disertai angin kencang. Angin puting beliung seperti sekarang ini rawan terjadi di Desa Trenggulunan dan Butih Kecamatan Ngasem seperti yang sudah terjadi Senin (2/11) kemarin.

“Banyak wilayah yang rawan angin puting beliung ini dikarenakan hutannya sudah gundul, sehingga angin langsung menerpa rumah warga,” tandasnya.

Sukirno menyatakan, beberapa daerah yang rawan terjadi angin puting beliung diantaranya Kecamatan Ngasem, Sekar, Gondang, Kedungadem, Sugihwaras, Baureno, Ngambon, dan Tambakrejo.(dwi/*mcb)

Leave a Comment