Share

BPD Campurejo Minta JOB P-PEJ Maksimalkan “Buffer Zone”

Bojonegoro (Media Center) – Dalam rapat dengar pendapat yang digelar oleh Komisi A, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Campurejo, Kecamatan Bojonegoro, meminta supaya operator Lapangan Sukowati, Joint Operating Body Pertamina Petrochina east Java (JOB P-PEJ) tidak menipu masyarakat setempat.

“Jangan sampai mereka membebaskan lahan warga dengan alasan penggunaan Buffer Zone (zona penyangga.red), tapi malah dibor,” kata anggota BPD, Agus Susanto, Selasa (5/1) di ruang rapat paripurna.

Dia menyampaikan, hal itu sering dilakukan oleh JOB P-PEJ saat melakukan operasi pengeboran di Pad A. Sehingga, warga merasa tertipu karena awalnya JOB P-PEJ mengaku menggunakan lahan untuk Buffer Zone.

“Selama ini, ya tidak ada kawasan Buffer Zone yang dibuat operator,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bojonegoro, Agus Hariana, mengatakan, JOB P-PEJ telah menyiapkan lahan untuk buffer zone. Namun,Buffer Zone ini belum dilaksanakan secara maksimal sehingga, pihaknya akan meminta JOB P-PEJ memaksimalkannya lagi.

Buffer Zone ini merupakan tanaman disekitar pagar perusahaan area kegiatan yang diperuntukan untuk melindungi atau penyaring agar dampak kegiatan tidak langsung keluar dari area perusahaan,” pungkasnya.

Sementara itu, kanalbojonegor.com masih terus berupaya meminta konfirmasi kepada Field Administration Superintendant JOB P-PEJ, Akbar Paradima terkait hal ini.(dwi/mcb)

Leave a Comment