Share

BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro Evaluasi Kinerja Kader JKN

Bojonegoro, 02/02 (Media Center) – Berlokasi di ruang rapat lantai 2 Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro Jl. Basuki Rahmad No 65 A Kabupaten Bojonegoro diadakan Evaluasi Kader JKN-KIS. Seiring dengan berjalannya inovasi baru dari BPJS Kesehatan di tahun lalu mengenai peluncuran Kader JKN-KIS ini tentu ditemukan sedikit banyak kendala yang dialami para petugas Kader JKN-KIS pada saat terjun langsung dilapangan.

Kader JKN-KIS selain berperan sebagai pengingat, pengumpul dan bisa melakukan pendaftaran peserta juga sangat membantu dalam peningkatan Kolektabilitas Iuran JKN-KIS yang ada di Kantor Cabang Bojonegoro.

Tidak sedikit Peserta JKN-KIS khususnya di Kabupaten Bojonegoro yang menunggak iuran, maka dari itu diperlukan peran serta Kader JKN-KIS untuk membantu dalam peningkatan Kolektibilitas Iuran dengan sistem Kunjungan Rumah dan mengedukasi secara langsung kepada peserta. Mengingat keterbatasan tenaga penagihan keuangan yang ada pada BPJS Kesehatan dan juga untuk membantu mengatasi masalah defisit anggaran yang dialami oleh BPJS Kesehatan dari tahun ke tahun.

“Ada dari salah seorang Peserta yang mengeluhkan ke saya (Petugas Kader JKN-KIS) bahwa sudah membayar iuran namun masih tertera tunggakan” ungkap Okta yang turut dalam kegiatan evaluasi.

Memang kendala tersebut terkadang dijumpai petugas Kader JKN-KIS ketika di lapangan. Hal tersebut dikarenakan jaringan bank dengan BPJS Kesehatan yang berbeda sehingga pembayaran dari bank belum naik ke BPJS Kesehatan dan belum dapat terecord. Namun hal tersebut segera diedukasikan kepada para peserta yang menemui kendala belum dapat terecord.

“Jika memang demikian sebaiknya Peserta segera melaporkan ke pihak BPJS Kesehatan agar dapat segera terklarifikasi dan terselesaikan dengan melampirkan bukti bayarnya untuk ditindak lanjuti ke pihak Informasi dan Teknologi Helpdesk BPJS Kesehatan Cabang kemudian diteruskan ke BPJS Kesehatan Pusat.” Ujar Iwan Riasmoko selaku Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro.

Sampai dengan akhir Januari 2018 ini Kader JKN-KIS telah banyak membantu dalam hal Kolektabilitas Iuran, hampir kisaran sepuluh hingga limas belas juta rupiah perbulan tunggakan iuran yang berhasil dikumpulkan para petugas Kader JKN-KIS dari Kabupaten Bojonegoro ini. BPJS Kesehatan Bojonegoro sangat mengapresiasi kinerja para petugas kader JKN-KIS tersebut dan berharap dapat lebih ditingkatkan lagidi bulan-bulan berikutnya.(*mcb)

Leave a Comment