Share

BPMPD Tidak Memiliki Program Khusus Pemberdayaan Masyarakat Di Ring 1

Bojonegoro (Media Center) –  Adanya industrialisasi minyak dan gas bumi di Kabupaten Bojonegoro, seharusnya menjadi hal yang strategis bagi pemerintah setempat untuk memiliki program pemberdayaan masyarakat khususnya di Ring 1 sebagai. Upaya tersebut untuk mendorong kesejahteraan di wilayah terdampak, salah satunya di sekitar unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru yang di operatori oleh Pertamina Eksplorasid dan Produksi Cepu atau PEPC.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Badan Pemberdayaan dan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Bojonegoro, Masirin, menyampaikan, secara khusus tidak ada program pemberdayaan bagi masyarakat yang dilalui pipa untuk kebutuhan proyek Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru.

“Kalau program khusus di Ring 1 Jambaran-Tiung Biru sepertinya belum ada,” ujarnya.

Namun, dia menyebutkan saat ini sudah ada program Corporate Sosial Responsibility  atau CSR dari operator yakni PEPC yakni pelatihan dan sertifikasi bagi 175 pemuda sekitar. Hal ini merupakan salah satu pemberdayaan di sektor tenaga kerja.

“Dengan pelatihan dan sertifikasi tersebut, pemuda sekitar memiliki modal untuk bisa bekerja terutama di bidang perminyakan,” imbuhnya.

Disinggung pelatihan kewirausahaan bagi ibu rumah tangga, mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Balen ini mengaku belum mengetahui secara detail apa saja program yang sudah diberikan pemerintah desa setempat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Sukur Priyanto, mengungkapkan, program pemberdayaan masyarakat di Bojonegoro secara keseluruhan sudah dilakukan oleh masing-masing desa baik melalui Tim Penggerak PKK, maupun Karang Taruna.

“Namun masih perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Terlebih, adanya industri migas dengan peran aktif operatornya baik melalui program CSR maupun Program Kegiatan Penunjang Operasi atau PKPO harus dimanfaatkan melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

“Jangan sampai keberadaan unitisasi Jambaran-Tiung Biru berpotensi menimbulkan konflik ketika pemdes dan pemkab tidak memback up kebutuhan masyarakat sekitarnya,” pungkas Politisi Partai Demokrat ini. (re/*acw)

Leave a Comment