Share

BPS Agendakan Sensus Ekonomi 2016

Bojonegoro (Media Center) – Badan Pusat Statistik (BPS) mengagendakan sensus Ekonomi di tahun 2016, termasuk di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Sensus yang akan dilakukan, menurut Kepala Seksi Distribusi BPS, Iswanto mencakup pendataan meliputi semua usaha.

“Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) akan lebih besar dan detil dibanding SE sebelumnya. Saat ini telah masuk dalam tahap persiapan,” jelas Iswanto, Senin (7/12).

Ia mengatakan cakupan SE2016 ini meliputi seluruh usaha atau perusahaan non pertanian yang menempati lokasi usaha tetap, yakni perkantoran, mall, toko, dan sejenisnya, serta lokasi tak tetap seperti kaki lima atau pasar kaget dan usaha keliling serta warung rumah tangga.

“Selain itu pertambangan juga termasuk dalam cakupan Sensus Ekonomi ini,” imbuhnya.

SE 2016 secara penuh akan dilakukan mulai Bulan Mei 2016 mendatang secara serentak di seluruh Indonesia. Metode yang dilakukan dalam SE2016 itu sendiri meliputi tiga bagian, yakni listing usaha, karakter usaha mikro kecil dan karakter usaha menengah dan besar.

“Output dari sensus ini salah satunya adalah melatih dan membuka lapangan kerja untuk 600 ribu orang sebagai dampak ikutannya,” tambah Iswanto. (mcb)

Leave a Comment