Share

BUMDesa Makmur Rejo Penuhi Kebutuhan Telur Warga Sekitar

Bojonegoro, 27/11 (Media Center) – Warga Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro telah mengembangkan bisnis ayam petelur. Hasil panen dari usaha yang dinaungi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Makmur Rejo ini dipasarkan ke warga sekitar serta pasar tradisional meski belum mampu memenuhi permintaan pasar.

Hal ini diakui oleh kepala BUMDesa Bandungrejo, Nyamirin. Ia mengatakan, sejauh ini hasil produksi ayam petelur yang dihasilkan baru bisa memenuhi kebutuhan warga sekitar. Dari sebanyak 1.300 ekor ayam, perhari bisa memproduksi telur sebanyak 60 hingga 65 kilogram.

“Produksi sekarang baru bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitar kandang. Pernah ditawari untuk menyediakan stok di Hotel Aston tapi belum mampu,” ujarnya, Selasa (27/11/2018).

Tak hanya melayani permintaan pasar dalam jumlah besar, para pengelola juga menerima pembelian retail/ecer dalam jumlah sedikit jika ada warga sekitar yang ingin membeli langsung di kandang.

Usaha yang merupakan kerjasama program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) operator lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB) Pertamina EP Cepu (PEPC) ini baru berjalan selama lima bulan. Nantinya, bisnis ayam petelur yang digarap di atas tanah kas desa (TKD) ini akan mempelopori usaha serupa yang akan digarap di beberapa desa sekitar proyek JTB.

PGA and Relation Manager PEPC, Kunadi mengatakan bantuan CSR yang dikeluarkan perusahaan ini diharapkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat sekitar wilayah produksi dan menambah nilai kesejahteraan masyarakat.

“Sehingga masyarakat lebih produktif dan tidak hanya bergantung untuk bisa bekerja di proyek migas,” ungkapnya.(*lya/mcb)

Leave a Comment