Share

Bupati Anna Ajak Karyawan Pemkab Bojonegoro Bersihkan Sampah

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah memimpin kerja bakti bersihkan sampah bersama karyawan dan karyawati Pemkab, Jumat (1/3/2019). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Ada dua lokasi sasaran kerja bakti. Yakni sepanjang ruas jalan Hayam Wuruk dan Pasar Hewan Kelurahan Banjarjo.

Dari pantauan Bupati Anna bersama Asisten II Bidang Ekonomi Setyo Yulino bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turun langsung ikut membersihkan sampah. Mereka berbaur bersama karyawan dan karyawati.

Dalam kerja bakti ini setiap OPD wajib mengikutsertakan 10 pegawainya.

“Menjaga kebersihan ini harus menjadi budaya. Sampah ini kelihatan sepele tapi sebenarnya masalah serius yang harus diatasi bersama-sama,” pesan Bu Anna, sapaan akrab Bupati Anna.

Bupati Anna dan Kepala OPD turun langsung ikut membersihkan sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Nurul Azizah menjelaskan dipilihnya dua lokasi tersebut karena di tempat itu masih kerap dijumpai tumpukan sampah. Diharapkan melalui kegiatan ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

“Dengan lingkungan bersih akan menjadikan lebih sehat dan kualitas hidup meningkat, sehingga masyarakat bisa lebih produktif”, sambung Nurul.

Untuk menampung dan mengelola sampah, Pemkab Bojonegoro akan membangun lima titik tempat pembuangan akhir sampah (TPAS). Salah satunya di wilayah barat yakni di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem.

Alasan pembangunan TPAS baru ini karena meningkatnya volume sampah seiring bertambahnya populasi. Sementara TPA di Desa Banjarsari hanya 4,5 hektar.

“Volume sampah Bojonegoro setiap hari sebanyak 250 meter kubik. TPA tersebut cepat penuh, sehingga dibutuhkan TPA baru,” tegas Nurul.

Sebelumnya, DLH bersama Polres Bojonegoro juga melakukan bersih sampah di sungai Bengawan Solo. Kerja bakti dipusatkan di lokasi sekitar Taman Benganwan Solo (TBS) Kelurahan Ledok Kulon, yang diikuti 250 orang. (Dwi/*MCB)

Leave a Comment