Share

Bupati Anna : BUMDes Harus Mampu Bangun Ekonomi Rakyat

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro Anna Muawanah berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu membangun perekonomian serta dapat menggali potensi-potensi desa yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat desa.

“Oleh karena itu pemerintah desa harus mengoptimalkan potensi desa masing-masing salah satunya potensi pariwisata karena ini sangat bermanfaat dan sangat berdampak pula pada perekonomian masyarakat desa,” ujar Bupati Anna saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) bagi para pengelola badan usaha milik desa (BumDes) di Pendapa Malowopati Pemkab, Rabu (11/12/2019).

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Bojonegoro, Djuana Poerwiyanto menyampaikan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan, wawasan dan pengalaman para pengelola BumDes.

Dijelaskan, dari 419 desa di Kabupaten Bojonegoro yang memiliki BumDes Sebanyak 304 Desa. Namun dari jumlah tersebut, BUMDes yang aktif sebanyak 166 dan yang kurang aktif sebanyak 46 desa.

“Sedangkan ada 114 desa yang belum ada BumDesnya,” ujar Djuana.

Diharapkan, tahun depan 114 desa tersebut sudah memiliki BUMDes, dan aktif pengelolaannya.

“Ini sangat penting untuk mengoptimalkan potensi desa yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tungkasnya.(AF/Dwi)

Leave a Comment