Share

Bupati Anna di Sambang Desa, Serap Aspirasi dari Persoalan E-KTP hingga Sampah

Bojonegoro, Media Center – Kegiatan Sambang Desa terus dilakukan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah untuk menyerap aspirasi masyarakat. Pada Selasa (8/9/2020), Sambang Desa digelar di Desa Desa Bondol, Kecamatan Ngambon.

Bupati Anna Mu’awanah datang bersama sebagian Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Kita ingin melihat langsung dan mendengarkan suara masyarakat terkait kebijakan,” ujarnya. Dalam kesempatan itu, hadir dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA), Dinas Pertanian, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), serta Bagian Kesra.

Terkait santunan kematian yang ditangani Bagian Kesra, Bupati menuturkan memang ada kendala teknis di masyarakat sehingga prosesnya lama. Salah satunya warga yang meninggal tidak punya E-KTP. Namun sekarang Kecamatan sudah melakukan jemput bola dalam kepengurusan E-KTP bagi warga yang masuk kategori Lanjut Usia (Lansia).

Dalam kesempatan itu, bupati juga meminta warga petani untuk segera bergabung ke kelompok tani agar bisa memanfaatkan Program Petani Mandiri (PPM). “Termasuk bagi penerima PPM yang manfaatnya sangat banyak seperti pelatihan maupun pemberian beasiswa bagi anak petani,” imbuhnya.

Masyarakat juga diajak memiliki kesadaran untuk bersama-sama membangun dan mengawasi jalannya pembangunan di Bojonegoro. Salah satunya persoalan kebersihan lingkungan desa. Keberadaan sampah di setiap desa harus segera ditata ulang. Jika belum ada tempat sampah, maka harus mengajukan kontainer sampah ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). “Mari galakkan tanaman peneduh ya, supaya lingkungan desa tidak gersang,” tegasnya (FIF)

Leave a Comment