Share

Bupati Anna Siapkan Ilmuan Baru di Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Pemkab Bojonegoro menyiapkan beasiswa penuh bagi lulusan tingkat SLTA kategori saintis. Harapannya kedepan akan lahir ilmuan-ilmuan baru dari berbagai bidang di Bojonegoro.

Demikian disampaikan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah di hadapan 136 tenaga pendidik tingkat SMP Negeri se – Kecamatan Gondang, Sekar dan Temayang saat memberikan pembinaan di Desa Sambongrejo, Kamis (28/2/2019).

Untuk mewujudkan harapan itu, lanjut Bu Anna, sapaan akrabnya, dirinya telah meminta kepada Dinas Pendidikan mulai mengidentifikasi siswa-siswi tingkat SLTP yang memiliki kompetensi dan sub kompetensi. Sehingga ketika mereka melanjutkan ke jenjang SLTA sudah mengarah penjurusan bidang tertentu.

Dengan begitu sebelum mereka lulus SLTA sudah mempunyai gambaran untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tertentu. Sebab Pemkab telah menyiapkan beasiswa full payment untuk kategori saintis meliputi perkuliahan kedokteran, teknik, peternakan, penerbangan dan planologi.

Selain itu Pemkab Bojonegoro juga menyiapkan program beasiswa skripsi untuk semua jurusan.

“Sekolah – sekolah saya minta segera menyiapkan siswa-siswinya untuk menyerap program tersebut, agar muncul ilmuan baru di Bojonegoro,” pesan Bu Anna.

Pemberian beasiswa ini sebagai bentuk peningkatkan sumber daya manusia (SDM) Bojonegoro. Apalagi, amandemen Undang-undang telah mengamanatkan APBN 20% untuk pendidikan.

“Dan kita sudah melaksanakan hal itu,” tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Hanafi berjanji akan mengawal program tersebut. Sehingga kedepan Bojonegoro memiliki ilmuan-ilmuan baru.

“Peningkatan SDM ini merupakan investasi jangka panjang yang akan dirasakan hasilnya. Oleh karena itu perlu dukungan semua pihak, utamanya tenaga pendidik,” pungkas Hanafi. (Alfan/Dwi)

Leave a Comment