Share

Bupati Bojonegoro Ajak DPR Tolak Kenaikan Cukai

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto mengajak anggota DPR baik daerah juga pusat, ikut menolak rencana Pemerintah yang akan menaikan cukai rokok, dengan alasan bisa mematikan industri rokok sigaret tangan.

“Saya juga mengajak Bu Mitro’atin (Ketua DPRD) dan Pak Sukur Priyanto (Wakil Ketua DPRD), juga Pak Kuswiyanto (anggota Komisi VIII DPR RI) ikut sepakat menolak rencana Pemerintah menaikkan cukai rokok,” katanya, ketika menghadiri acara yang digelar mitra produksi sigaret (MPS) PT HM Sampoerno, di Bojonegoro, Kamis (29/10).

Ajakan Suyoto itu langsung mendapatkan sambutan serentak dengan jawaban setuju, dari yang hadir dari ratusan undangan termasuk Mitro’atin, Sukur Priyanto dan Kuswiyanto.

“Nah, kalau begini bukan saya saja yang menolak rencana kenaikan cukai rokok,” ucapnya, menegaskan.

Menurut dia, kalau terjadi kenaikan cukai rokok, maka akan meningkatkan ongkos sosial ekonomi masyarakat, bahkan akan mengakibatkan berhentinya pendapatan pekerja di perusahaan roko sigaret tangan.

“Kalau Pemerintah beralasan untuk mendorong melambatnya ekonomi dengan menaikkan pajak justru akan mengakibatkan ekonomi berhenti,” katanya, menegaskan.

Dimintai konfirmasi, anggota Komisi VIII DPR RI Kuswiyanto, mengaku belum tahu seberapa besar kenaikan cukai rokok.

“Saya belum tahu. Yang jelas rencana kenaikan cukai rokok masih tarik menarik,” ucapnya.

Sekretaris MPS Indonesia Syaifuddin, menjelaskan adanya kenaikan cukai rokok sigaret tangan akan mengancam keberlanjutan para pekerja di 30 MPS, dengan jumlah sekitar 1.500 tenaga kerja/MPS.

“Kalau MPS yang ada harus berhenti berproduksi, maka akan ada puluhan ribu tenaga kerja dengan keluarganya yang akan kehilangan pekerjaannya,” ucapnya.

Di dalam acara kompetisi keselamatan dan kesehatan kerja, yang digelar MPS Kapas, dibawah Koperasi Kareb Bojonegoro, juga dihadiri jajaran pimpinan  PT HM Sampoerna Markus Hosea dan Humasnya Heny Susanto.

Selain itu,  hadir Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Imade Sukarta, yang membacakan sambutan Gubernur Jatim, Soekarwo. (*/mcb)

Leave a Comment