Share

Bupati Bojonegoro Beri Paparan Pada Implementing The New Development

Bojonegoro, 16/3 (Media Center) – “Development is about developing people, about building human potential,” ucap Bupati Bojonegoro, SUyoto. Hal ini ia ungkapkan di hadapan para delegasi baik nasional maupun internasional di Jakarta, Kamis (16/3) pagi tadi.

Kang Yoto, sapaan akrabnya, mendapat kesempatan berbagi pengalaman bagaimana membangun Bojonegoro berkelanjutan dalam forum bertajuk Implementing the new development agenda “Doing Development Differrently Workshop 2017”, yang terselenggara atas kerjasama Kementerian PPN/Bappenas, Australian Government, Knowledge Sector Initiative, Kompak dan World Bank Group.

Suyoto dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa Pembangunan berkelanjutan sejatinya adalah tentang bagaimana membangun manusia dengan jalan mengembangkan segala potensi yang dimiliki dan menyelesaikan berbagai masalah utama yang ada.

“Membangun tak sekedar menghabiskan uang ataukah membangun sebuah bangunan dan infrastruktur yang megah,” ujarnya.

Membangun adalah harus bisa menyelesaikan masalah sekaligus membawa perubahan baik perubahan kehidupan,sosial maupun ekonomi.

Pria asal Desa Bakung Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro ini menceritakan tentang sejarah kemiskinan yang melanda Bojonegoro serta bagaimana banyak hal yang mendukung kemiskinan mulai topografi wilayah dan kualitas sumber daya manusia.

Oleh karenanya membangun Bojonegoro dibutuhkan taktik yang jitu dan pada akhirnya akan mengubah cara pandang.

“Pembangunan harus membawa dampak pada sisi pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kualitas sumber daya manusia,” lanjutnya.

Kebijakan anggaran di Bojonegoro pun diarahkan untuk penyelesaian masalah tersebut guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan, oleh karena itu “jalan” yang diambil Bojonegoro bukan money follow function melainkan money follow problems, Money for solution & Solutions for Sustainable Development.(mcb)

Leave a Comment