Share

Bupati Bojonegoro Blusukan ke Kampung Tengah Hutan Bagikan Sembako

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Muawanah menyerahkan secara simbolis bantuan berupa Sembilan bahan pokok (sembako) di Dusun Sekidang, Desa Soko, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro.

“Saya apresiasi kepada seluruh warga di sini yang sudah menyadari pentingnya menggunakan masker dan mencuci tangan pakai sabun,” ujar Bu Anna mengawali sambutan, Kamis (23/4/2020) kemarin.

Bupati Anna Mu’awanah menyampaikan akan mengadakan Karya Bakti Skala Besar dengan melibatkan pasukan TNI dari Kodim 0813 Bojonegoro, Polres Bojonegoro dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Skidang. Sebab sampai hari ini kondisi jalan dan jembatan masiih belum layak.

“Saya mendengar cerita kalau ada yang melahirkan harus ditandu menuju kota karena di sini tidak ada fasilitas kesehatan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Bu Anna, tahun ini juga akan mengupayakan mengalokasikan anggaran perbaikan infrastruktur termasuk jalan dan jembatan dari APBD Perubahan.

Bupati meminta anak-anak usia sekolah tetap mengenyam pendidikan karena dengan sekolah, akan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pesan saya hasil pertanian dan peternakan jangan dijual semua. Kita harus berswasembada pangan,” pesannya.

Dengan kondisi Pandemi Covid-19 sekarang ini, bisa jadi harga bahan pokok di luar semakin mahal. Warga bisa memanfaatkan hasil ternak seperti telur atau daging ayam untuk dikonsumsi sendiri. Selain itu, juga buah-buahan yang ditanam sendiri maupun tumbuh liar jangan ditebang.

“Ibu-ibu dan bapak-bapak semua, tolong protein keluarganya dijaga,” lanjutnya.

Saat ini, semua sedang mengalami pageblug atau pandemi Covid-19 dan mulai prihatin. Karena dampak dari virus sangat dirasakan termasuk pedagang kecil. Banyak juga yang diberhentikan dari pekerjaan. Oleh sebab itu, Pemkab Bojonegoro menggelontorkan puluhan ribu paket sembako.

“Termasuk untuk Dusun Kidangan ada 42 KK yang akan mendapat sembako dan semua desa khususnya di Kecamatan Temayang,” tandas wanita berhijab ini.

Pihaknya berharap, dengan bantuan tersebut bisa meringankan beban warga ditengah Pandemi.

Sementara itu, Kepala Desa Soko, Johan Harioko mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bupati Anna yang sudah sudi datang ke dusunnya yang terpencil di tengah hutan untuk memberikan bantuan sembako.

Johan menjelaskan, Sekidang merupakan dusun yang berada di tengah hutan jati milik Perhutani dengan jumlah penduduk 102 orang terdiri dari 42 Kepala Keluarga. Sebagian besar penduduknya adalah petani.

“Mata pencaharian mereka semua rata-rata bertani,” imbuhnya.

Selama ini, warga sangat kesulitan dalam transportasi. Selain jarak tempuh ke Kota Bojonegoro sejauh 20 kilometer, infrastuktur jalan yang masih makadam menjadi kendala. Terlebih musim hujan.

“Kami berharap, Ibu Bupati merealisasikan rencana pembangunan di dusun sekidang ini,” pungkasnya.(Dwi)

Leave a Comment