Share

Bupati Bojonegoro: Daerah Kuat, Indonesia Akan Kuat

Bupati Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Suyoto berpendapat kalau daerah kuat dalam mengembangkan potensi pangan dan energi maka Indonesia akan kuat dalam persaingan global.”Saya sendiri menganut keyakinan bila daerah kuat maka Indonesia akan kuat dan berdaulat,” katanya yang disampaikan melalui email usai acara penandatanganan nota kesepahaman mengenai pengembangan potensi daerah dengan UGM di Yogyakarta, Rabu (11/12/2013)

Selain penandatanganan nota kesepahaman, ia juga melakukan diskusi mengenai pengembangan potensi daerah dengan Rektor UGM Prof. Pratikno serta jajarannya, keluarga alumni Gajahmada (KAGAMA), Bupati Kulonprogo, Yogyakarta dan Bupati Banyumas Jawa Tengah. Ia juga mengatakan, “Jadi inilah cara kita (memperkuat daerah ) yang bisa memperkuat Indonesia, membangun kedaulatan pangan dan energi dari daerah. Kita hadapi kompetisi global dengan karya nyata, dimulai dari yang paling mungkin di semua daerah,” katanya, menegaskan.

Menurut dia, pengembangan potensi di daerahnya yang sangat berpeluang selain migas yaitu produksi gabah, jambu merah, bawang merah, sapi, kambing, ayam, ikan. “avocado”, belimbing, cabai, jagung, ketela pohon juga lainnya. Sebelum itu, kepada Media Center, ia menjelaskan pengembangan potensi pangan di daerahnya akan dilakukan bekerja sama dengan UGM.

“Ibaratnya jajaran UGM kami beri keleluasaan untuk mengembangkan potensi daerah yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” katanya, menegaskan. Pada kesempatan itu, Rektor UGM Prof. Pratikno mengemukakan kedaulatan sering menakutkan kalau dipahami dengan semangat menutup diri.

Oleh karena itu, menurut dia, dalam kompetisi global harus mampu menang dengan kedaulatan yang dimiliki terutama kedaulatan pangan, energi dan obat obatan. Ia juga menjelaskan Untuk memahami dan memastikan upaya kedaulatan diperlukan, antara lain, pemahaman kompetesi global, semangat ekonomi kerakyatan, kolaborasi antar ahli, pelaku dan pemerintah.

Ia menambahkan bagi UGM nota kesepahaman tentang pengembangan pangan merupakan kelanjutan dari deklarasi UGM saat Dies Natalis ke-64 Oktober lalu dengan tema “Mengabdikan Ipteks Untuk Kedaulatan Bangsa”. (samcb)

Leave a Comment