Share

Bupati Bojonegoro Desak Pemerintah Percepat Pengembangan Gas

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, mendesak Pemerintah Pusat mendukung mempercepat pengembangan lapangan gas Jambaran-Tiung Biru (TBR), sebagai usaha mengantisipasi berbagai program pembangunan daerah sekaligus meredam gejolak sosial.

“Kami meminta dukungan Pemerintah untuk mempercepat pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR, dengan akan berakhirnya proyek minyak BloK Cepu,” katanya, dalam rapat bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, di Bojonegoro, Jumat (11/9).

Saat ini, lanjut dia, waktu yang tepat untuk memulai pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR, karena proyek pembangunan fasilitas produksi minyak Blok Cepu, di Bojonegoro, akan berakhir.

“Saat ini waktu yang paling siap untuk segera memulai pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR. Sebab, kalau tertunda akan mengulang lagi persiapan sosialnya,” katanya, menegaskan.

Ia kemudian memberikan gambaran berakhirnya proyek minyak Blok Cepu, tahun ini, akan memunculkan gejolak sosial, karena ada sekitar 5.000 tenaga kerja yang akan menganggur.

“Pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR akan meredam gejolak sosial yang ada, karena tenaga proyek minyak Blok Cepu bisa melanjutkan pekerjaan,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR juga akan mempercepat berdirinya pabrik pupuk di daerahnya, yang akan memanfaatkan gas produksi lapangan Jambaran-TBR.

Pendirian pabrik pupuk, menurut dia, tidak segera bisa dimulai karena menunggu pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR, meskipun penandatanganan kerja sama sudah berjalan sejak enam tahun lalu.

Ia menambahkan pemkab juga sudah menyiapkan berbagai program pembangunan lainnya, antara lain, pembangunan pelabuhan darat atau “dryport”, untuk perkembangan industri migas.

Menanggapi usulan itu, Menteri BUMN Rini Soemarno menjanjikan akan mengkoordinasikan pengembangan lapangan gas Jambaran-TBR, dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Ia juga berharap pemkab juga harus aktif mendorong Direktur BUMN yang terkait dengan berbagai program pemkab, seperti pendirian pabrik pupuk.

“Pemkab juga harus aktif mendorong Direktur BUMN, seperti Direktur PT Pupuk Kujang, agar segera merealisasikan programnya,” ucapnya.

Hadir dalam rapat dengan Menteri BUMN Soemarno, sejumlah Direktur BUMN, antara lain, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, dan Direktur Perhutani Mustoha Iskandar. (sa/mcb)

Leave a Comment