Share

Bupati Bojonegoro Hadiri Ruwatan Grebeg Suro di Gondang

Bojonegoro, 28/9 (Media Center) – Bupati Bojonegoro Anna Muawanah hadir pada acara paruwatan agung grebeg suro di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (27/9) malam.

Acara yang selama dua tahun terakhir telah menjadi agenda rutin Dinas Pariwisata tersebut adalah kegiatan yang setiap tahun dilakukan di desa setempat sebagai kepanjangan tangan dari keraton Surokarto Hadiningrat. Kegiatan ini membuat Desa Sambongrejo dianggap sebagai “Rekso Budoyo” atau pelestari budaya. Hal ini dibuktikan juga hadir dalam acara itu perwakilan dari Keraton Surokarto Hadiningat yakni Raden Tumenggung Samsu Dini.

Dalam sambutannya, bupati yang baru dilantik pada Senin (24/9) ini menyampaikan bahwa kegiatan ini mempunyai 4 (empat) makna dalam kehidupan. Yang pertama bahwa kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang kedua memberikan makna bentuk kegotong-royongan masyarakat desa Sambongrejo.

“yang ketiga adalah sebagai bentuk kerukunan, tepo sliro tidak ada batas antara pejabat dengan rakyat karena kita berbaur, dan yan terahkir adalah merupakan kearifan lokal (local wisdom) sebagai wisata budaya yang perlu dilestarikan dan dapat meminimalisir dampak dari penggunaan media sosial,” ujar wanita berjilbab ini.

Dalam kesempatan itu Kepala Desa Sambongrejo, Eko Prasetyono mengatakan bahwa pada malam ini kita bersyukur kepada Allah SWT karena masyarakat desa sambongrejo telah melaksanakan Paruwatan Agung Grebeg Suro sebagai perwujudan rasa syukur.

“Semoga kita semua mendapat hidayah, Inayah dan Berkah daari Allah SWT,” harapnya.

Acara ini diawali dengan arakan-arakan gunungan dan tumpeng buah-buahan, sayuran-sayuran dan makanan-makana yang merupakan hasil dari desa sambongrejo sejauh 1 Km, dari batas desa sambonrejo ke lapangan desa, Kemudian arakan gunungandan tumpeng tersebut dibawa kelapangan utk diperebutkan oleh masyarakat, dan diakhir acara digelar pertunjukan wayang kulit.(*lya/mcb)

Leave a Comment