Share

Bupati Bojonegoro Jadi Pembicara Simposium di Vatikan

Bojonegoro (Media Center) – Sejak beberapa hari lalu, Bupati Bojonegoro, Suyoto berada di Vatikan. Bukan untuk berlibur, kunjungannya kali ini bertujuan memenuhi undangan dari Pontifical Academy Sciences (Akademi Kepausan untuk Ilmu Pengetahuan) untuk menjadi pembicara di Simposiun yang bertajuk “Peoples, Prosperity and Planet in Cities”.

Dalam agenda yang bekerjasama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini, Suyoto menjadi pembicara dihadapan ratusan peserta yang terdiri dari walikota dari berbagai negara. Pada peserta simposium, Bupati yang akrab disapa Kang Yoto ini menjelaskan sejarah panjang Bojonegoro yang dikenal dengan kemiskinan hingga kondisi saat ini dengan anugerah minyak bumi dan pertanian yang melimpah.

“Dengan 1,2 juta penduduk dan sejarah panjang kemiskinan, Bojonegoron salah satu kabupaten di Republik Indonesia harus menyelesaikan tantangan seperti mengurangi kemiskinan, rehabilitasi hutan dan lingkungan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan meningkatkan sosial kapital,” terangnya pada kanalbojonegoro.com melalui blackberry messenger, Selasa (21/7) lalu.

Dalam ajang ini, Suyoto berharap bisa berbagi pengalaman, mendapatkan jaringan serta berbagi ide dari praktek-praktek terbaik pembangunan di seluruh dunia, mengingat ajang ini diikuti oleh 60 walikota dari berbagai negara. Tak hanya itu, dalam acara ini juga dilakukan penandatangan deklarasi End of Slavery (Akhir dari Perbudakan) untuk mengakhiri perbudakan di era modern.(lya/*mcb)

 

Leave a Comment