Share

Bupati Bojonegoro Jelaskan Soal Korban Banjir dan Bantuan

Bupati Bojonegoro Jelaskan Soal Korban Banjir dan Bantuan

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Suyoto memberikan penjelasan soal berbagai pelayanan kepada korban banjir luapan Bengawan Solo di daerahnya.

“Untuk warga yang mengungsi, diperlukan makanan siap saji yang diusahakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Palang Merah Indonesia (PMI), katanya, Kamis (19/12/2013).

Oleh karena itu, katanya, korban banjir yang berada di lokasi pengungsian, seperti Gedung Serbaguna atau tenda pengungsian makanan disiapkan dapur komunitas atau dapur umum.

“Di dapur umum pemkab mensuplai bahan mentah,” katanya, menegaskan.
Selain itu, menurut dia, pemkab juga menyediakan bahan banjiran (pasir, kantong plastik, terpal) sesuai dg kebutuhan spesifik kawasan yang dilanda banjir luapan sungai terpanjang di Jawa di daerahnya.

“Selama di tempat evakuasi banjir, selain konsumsi, disediakan juga fasilitas kesehatan, dan “bantuan selimut, termasuk juga kebutuhan wanita. Untuk binatang ternak disiapkan mantri kesehatan hewan,” paparnya.

Bahkan, lanjutnya, pemkab memberikan dukungan makanan dan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan warga korban banjir selama banjir surut.”Warga korban banjir yang membersihkan rumahnya tetap memperoleh dukungan makanan dan kesehatan dari pemkab,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro Kusnandaka Tjatur mengimbau para orang tua tidak membiarkan anaknya bermain-main di genangan banjir, apalagi yang arusnya deras.

“Kalau bisa orang tua mencegah anaknya bermain-main di lokasi genangan banjir, terutama saat air luapan banjir naik,” ujarnya, menegaskan. (samcb)

 

Leave a Comment