Share

Bupati Bojonegoro Launching Kampung KB Tanggap Covid-19

Bojonegoro, Media Center – Desa Ngadiluhur, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro menjadi Kampung KB Tanggap Covid-19. Kampung tersebut dilaunching oleh Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Minggu (18/10/2020) di Balai Desa Ngadiluhur.

Selain Bupati Bojonegoro, hadir pula Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Timur, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Pembangunan, dan Kepala Dinas P3AKB.

Kepala Dinas P3AKB Bojonegoro, Anik Yuliarsih menyampaikan Kampung KB sebagai inovasi dalam pemberdayaan penanggulangan Covid-19. Kampung KB dapat membangun IPM untuk menekan stunting, mendewasakan usia perkawinan, dan memberdayakan ekonomi masyarakat sejahtera. Masyarakat juga diminta ikut meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan kehidupan yang sehat.
“Saat ini di Bojonegoro sudah ada 63 Desa sebagai Kampung KB dan saya upayakan jumlah ini terus bertambah,” tuturnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan dengan adanya Kampung KB Tanggap Covid-19 ini masyarakat tidak perlu khawatir lagi jika perlu melaksanakan kewajiban sosial seperti Posyandu, Imunisasi dan masih banyak lagi meskipun di tengah Pandemi Covid-19.

“Hal semacam ini tetap perlu dilakukan agar revolusi mental dan karakter bangsa tetap terbangun dengan berbasis keluarga sebagai titik awal,” ucapnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menuturkan dengan adanya launching Kampung KB ini bisa ikut berperan dan ikut serta dalam penanggulangan Covid-19. “Saya harap launching Kampung KB ini bukan hanya sebatas seremonial atau simbolis, tapi juga menjadi pendamping dan pengawas agar tujuan pemerintah dalam menekan Pandemi Covid-19 ini dapat termanajemen dengan baik,” terang Bupati.

Sebelum diakhiri, Bu’e, sapaan akrab Bupati, menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) dan KIE kepada kader Kampung KB Tanggap Covid-19 sekaligus melaunching Kampung KB.(AFN/NN)

Leave a Comment