Share

Bupati Bojonegoro Terima Tim “OGP” Internasional

Bojonegoro, 23/5 (Media Center) – Bupati Bojonegoro Suyoto menerima Tim “Open Gouvernment Patnership” (OGP) Internasional dipimpin Britany Lane, yang juga Manajer OGP untuk melakukan evaluasi perkembangan OGP di daerah setempat yang masuk percontohan dunia, Selasa (23/5).

Di gedung pemkab lantai tujuh Britany Lane diterima Suyoto dengan jajarannya termasuk Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kusnandaka Tjatur.

Pada kesempatan itu, Suyoto melaporkan perkembangan capaian pelaksanaan OGP di daerah setempat baik tingkat kabupaten juga pedesaan yang berkembang cukup signifikan sejak OGP dideklarasikan di Paris, pada Desember 2016.

Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro Kusnandaka Tjatur, menjelaskan Tim OGP yang diketuai Britany Lane akan melakukan evaluasi lima aksi yang dilakukan daerahnya terkait OGP yaitu penguatan pelayanan publik, keterbukaan Pemerintahan Desa, transparansi sistem anggaran daerah, peningkatan akses masyarakat dan revolusi data.

Sesuai rencana, menurut dia, Tim OGP Internasional akan melihat keterbukaan anggaran organisasi perangkat daerah (OPD) di kantor pemkab. Di kantor setempat semua OPD memasang banner yang berisi alokasi anggaran juga pemanfaatannya.

Selain itu, tim juga akan melihat sistem informasi tingkat desa di Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, terkait transparansi anggaran dan pelaksanaan dialog publik yang sudah berjalan di desa dengan mengadopsi dialog Jumat di pemkab.

Di dalam acara itu, juga dihadiri sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mendukung pelaksanaan OGP. (*/mcb)

Leave a Comment