Share

Bupati Ingatkan Capaian RPJMD 2015

Bojonegoro (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, menegaskan, target indikator kinerja utama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2015 ini harus tercapai.  Untuk capaian itu, semua pihak harus melakukan verifikasi apakah rencana kegiatan masing masing satker mendukung dan ada keterkaitan dengan Indikator Kerja Utama (IKU).

“Jika tidak, harus melakukan perubahan agar ada keterkaitan dengan indikator,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Suyoto, harus menentukan apakah pendekatan dan metode kegiatan yang dilaksanakan seperti  merangkul, mendorong partisipasi, sekaligus mengakomodir semua kepentingan, perencanaan waktu dan sasaran sudah tepat .

“Yang harus dipikirkan oleh satu adalah tentang pengalokasian dan penggunaan anggarannya agar jangan sampai telat dan mengedepankan efisiensi,” tandasnya.

Instruksi ini harus sudah mulai direncanakan baik program sekaligus skenario yang akan dilaksanakan sebelum pergantian tahun 2016. Dan diharapkan, agar semua memikirkan pula skenario keberlanjutan kegiatan yang telah direncanakan.

Pria kelahiran Desa Bakung, Kecamatan Kanor ini mencontohkan, program seperti pembangunan gedung, jembatan, taman, irigasi, jalan dan pembedayaan kaum  ibu atau kaum muda memerlukan pengelolaan secara berkelanjutan.

” Dengan memperjelas skenario berkelanjutan maka akan terhindar kegiatan hit or kiss and run, sekedar menghabiskan anggaran dan biaya, atau sekedar gugur tanggung jawab,” ingatnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment