Share

Bupati: Kartini Masa Kini Harus Mampu Mengembangkan Diri

Bojonegoro, Media Center – Semangat Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan gender tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan. Oleh karena itu, sebagai perempuan dengan profesi apapun jangan sampai meninggalkan perannya, baik sebagai ibu, pendamping suami dan pendidik anak-anak.

Demikian pesan Bupati Bojonegoro Ibu Anna Mu’awanah saat membuka Festival Kartini 2019 di Gedung Serbaguna Kelurahan Ledok Kulon, Minggu (21/4/2019).

Bupati Anna berharap dengan semangat Hari Kartini, kaum perempuan di Bojonegoro dapat mengembangkan dirinya, menggali potensi di berbagai bidang, serta dapat mengikuti perkembangan yang semakin modern.

“Bukan gaya hidupnya yang modern namun cara berpikir juga modern,” tutur Bu Anna, sapaan akrab Bupati Bojonegoro.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Kartini 2019, Dyah Enggarrini Mukti menjelaskan ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam festival ini. Antara lain Seminar Tentang Pakaian Khas Daerah, Lomba Fashion Show, Lomba Cipta Menu berbasis potensi lokal, dan lain sebagainya.

“Kegiatan kita laksanakan selama dua hari yakni tanggal 21 sampai 22 April 2019,” ujar Enggar, panggilan akrabnya.

Tujuan festival adalah sebagai sarana sosialisasi pakaian khas daerah agar mempunyai cara pandang yang sama. Selain itu memberdayakan perempuan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM), dan meningkatkan kesadaran para bapak-bapak atau kaum lria terkait emansipasi Wanita.

“Sekaligus sebagai aksi nyata eksistensi perempuan di Bojonegoro,” tegas Kepala Bidang Kelembagaan Disbudpar Bojonegoro ini.

Festival Kartini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Bojonegoro, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ibu-Ibu Tim Penggerak kabupaten, Kecamatan, serta dari berbagai organisasi perempuan lainnya. (Dwi/NN)

 

Leave a Comment