Share

Bupati Sosialisasi Beasiswa Unggulan Bagi Mahasiswa saat Acara ’Cangkrukan Karo Buk’e’

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah kembali melanjutkan acara ‘Cangkrukan Karo Buk’e’ yang diprakarsai oleh Dinas Kominfo (Dinkominfo) Kabupaten Bojonegoro. Kali ini, acara digelar di Pendopo Malowopati Sabtu (12/09/2020).

Cangkrukan Karo Bu’e kali ini mengambil tema ‘Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Pada Program Prioritas Sektor Pendidikan Di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2020-2021’. Kegiatan bincang dua arah ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda). Selain dihadiri oleh Bupati Bojonegoro, Forkopimda, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kegiatan ini juga dihadiri oleh Aliansi Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada) Bojonegoro dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

Kepala Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bojonegoro, Muhammad Anwar Murtadlo menjelaskan, Indeks pembangunan di Kabupaten Bojonegoro naik 0,95% dimana hanya ada 5 kabupaten/kota di Jawa Timur yang Indeks pembangunannya naik secara signifikan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. “Program ini terus digencarkan untuk menumbuhkan beberapa sektor yang dibutuhkan masyarakat seperti infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Dandy Suprayitno, menyampaikan pihaknya membuka beberapa program beasiswa prestasi yang diluncurkan secara prioritas oleh pemkab Bojonegoro. Yaitu beasiswa scientist, beasiswa 1 desa 2 sarjana, beasiswa sarjana dan diploma tingkat semester akhir.

“Untuk beasiswa Scientist semua persyaratan pengajuan beasiswa dapat dilihat pada website resmi pemkab Bojonegoro maupun Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro,” terangnya.

Dandy menjelaskan, khusus untuk beasiswa scientist diutamakan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia dengan jurusan kedokteran dan teknik karena Kabupaten Bojonegoro sedang kekurangan tenaga ahli medis dan teknik. Sedang beasiswa 1 desa 2 sarjana dengan persyaratan kuliah di PTN, dan mengantongi kartu sosial (KPM, PKH, Keluarga kurang mampu, dan lainnya).

“Program ini dilaksanakan untuk mendukung SDM Bojonegoro agar lebih maju, dapat membangun generasi muda, dan mempersiapkan tenaga ahli masa depan bagi Kabupaten Bojonegoro,” terangnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menuturkan rencana pembangunan dalam 5 tahun kedepan akan terus dikembangkan. Saat ini sudah berjalan dua tahun dan akan terus berlanjut. Beberapa bidang utama diantaranya pendidikan, ekonomi, kesehatan.

“Bupati Anna menambahkan beasiswa bagi mahasiswa ini diluncurkan guna berlangsungnya pertukaran teknologi dan ide pikiran di desa maupun daerah pedalaman pada masa depan Agar disetiap desa nantinya tidak tertinggal akses informasi dan teknologi,” tutur Bupati. (Alfan)

Leave a Comment